Per 1 Agustus 2022, Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Jadi Rp 3,75 Juta

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 27 Jul 2022 13:54 WIB

Per 1 Agustus 2022, Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Jadi Rp 3,75 Juta

i

Taman Nasional Komodo

SURABAYAPAGI.COM, Labuan Bajo – Tarif tiket masuk ke Pulau Komodo dan Pulau Padar, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) dipastikan naik per tanggal 1 Agustus 2022.

Harga tiket masuk ke Taman Nasional atau TN Komodo awalnya sebesar Rp150.000 per kunjungan, akan naik menjadi Rp3,75 juta dan berlaku setahun penuh. Tarif baru ini berlaku untuk kunjungan ke Pulau Komodo dan Pulau Padar.

Baca Juga: Sandiaga Ajak Singapura Kolaborasi Bikin Konser-konser Kelas Dunia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan kenaikan tarif masuk ditetapkan karena kedua pulau di Taman Nasional Komodo (TNK) itu merupakan wilayah konservasi.

"Seperti kita ketahui Bapak Presiden Joko Widodo baru saja melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo dan apa yang beliau sampaikan jadi pedoman kita. Dampak yang ingin dicapai dari pembatasan kunjungan ke Pulau Komodo dan Padar di TN Komodo adalah untuk konservasi," kata Sandiaga.

Meski begitu, Sandiaga mengatakan, tarif masuk Pulau Rinca tetap sama. Menurutnya, wisatawan akan tetap bisa menikmati aktivitas melihat satwa komodo di Pulau Rinca, yang juga merupakan habitat endemik komodo dan telah dilakukan penataan fasilitas, sehingga nantinya wisatawan akan lebih nyaman saat berkunjung.

"Mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, bahwa di Pulau Rinca komodonya sama, mukanya sama, badannya sama, dan besarnya juga sama, namun kalau memang wisatawan ingin berkunjung ke Pulau Komodo atau Pulau Padar yang mukanya juga sama, tampangnya sama dan setting-nya juga sama maka akan diminta berkontribusi untuk konservasi," kata Sandiaga dikutip dari keterangan resmi, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: Dongkrak Event Olahraga Berkualitas, Menparekraf Bakal Contoh ‘Sport Tourism’ Ala Jepang

"Konservasi ini penting karena untuk menjaga kelestarian lingkungan dan populasi komodo di TN Komodo," kata dia lagi.

Sandiaga juga menyinggung Taman Nasional Komodo yang memiliki 142 pulau dan banyak destinasi lain yang bisa dikunjungi, dengan Labuan Bajo yang juga menjadi andalan. Oleh karenanya, masih banyak pilihan lain jika berkunjung ke sana.

"Di sana ada pantai sering dijadikan tempat berfoto, seperti kawasan Waterfront Kampung Ujung, Marina Labuan Bajo, ada Goa Batu Cermin, ada Pantai Waicicu, Goa Rangko, Pulau Kelor dan sebagainya," kata dia.

Baca Juga: Elite PPP, Cenderung Terpecah

"Berbagai destinasi ini sudah dikenal di mancanegara. Berbagai spot di TN Komodo ini sudah menjadi andalan. Pulau Kelor termasuk dalam lokasi snorkeling terpopuler dan cocok menjadi destinasi wisata keluarga," katanya.

Sebagai informasi sebelumnya wacana ini sempat menimbulkan kegaduhan dan polemik sehingga Asosiasi Travel Agen Indonesia (Astindo) Labuan Bajo meminta pembatalan wacana tersebut. lb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU