Peringati Satu Abad Terate Emas, PSHT Lamongan Gelar Kirab Budaya Nusantara

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 11 Jul 2022 17:31 WIB

Peringati Satu Abad Terate Emas, PSHT Lamongan Gelar Kirab Budaya Nusantara

i

Ketua PSHT Cabang Lamongan, Harto meletakan batu pertama pembangunan gedung Sasana Manggala Krida di Sukodadi. SP/MUHAJIRIN KASRUN

Ketum Pusat PSHT Ambil Air dan Tanah Kelahiran Gajah Mada di Ngimbang

 

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Truk Tabrak Tronton

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Rangkaian kegiatan dalam rangka Satu Abad Terate Emas tahun 1922-2022 mulai digelar, salah satunya menggelar Kirab Budaya Nusantara, dan pengambilan air di bumi kelahiran Patih Gajah Mada di Ngimbang Lamongan, Senin (11/7/2022).

 

Pengambilan air di bumi pemersatu Nusantara itu dilakukan langsung oleh ketum pusat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), R. Moerdjoko HW bersama jajarannya, sebagai bagian ikhtiar untuk tidak melupakan sejarah dalam upaya menebar kemanfaatan untuk masyarakat.

Usai pengambilan air dalam kirab yang dilakukan oleh Tim Sadewa ini,  dilanjutkan dengan prosesi peletakan batu pertama pembangunan Gedung 'Sasana Manggal Krida', di Sekretariat PSHT Cabang Lamongan, Jalan Raya Menongo Nomor 22 Sukodadi-Lamongan.

Ketua Umum PSHT, R. Moerdjoko HW mengatakan, kirab budaya ini digelar dari Sabang sampai Merauke guna menyemarakkan pagelaran ini, salah satunya seperti di Sabang, PSHT melakukan atraksi silat untuk menghibur para wisatawan setempat. 

"Peringatan satu abad ini mengambil tema Menjaga Konsistensi Jati Diri Setia Hati Terate dalam Memperkokoh Nilai-Nilai Kebangsaan dan Nasionalisme sebagai Pelopor Ajaran Budi Luhur," ujar Moerdjoko melalui keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Tak hanya di Sabang, Moerdjoko menjelaskan, kegiatan itu juga akan berlangsung secara beriringan di seluruh Indonesia (dari Sabang sampai Merauke), dan luar negeri, yang diikuti mulai dari tingkat pusat sampai tingkat rayon.

"Dimulai 1 Juni 2022, kita melakukan kirab budaya dengan diawali pengambilan tanah dan air di tiap cabang (kabupaten/kota) yang dilakukan secara serentak, dan akan disatukan di Padepokan Agung Madiun," terang Moerdjoko.

Selama melakukan kirab, tambah Moerdjoko, dari Sabang pihaknya didampingi oleh Mas Harsono selaku Dewan Pusat dan Didik Mukrianto selaku Pengurus Pusat. Sedangkan di wilayah paling timur di Merauke dilakukan oleh Ketua Dewan Pusat Mas Issubiantoro.

Diungkapkan, penyatuan tanah dan air dari seluruh wilayah Indonesia ini dimaksudkan untuk terus mengingatkan akan pentingnya persatuan dalam kebhinekaan dan pentingnya untuk terus memupuk tali persaudaraan dalam keberagaman.

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

Menurutnya, kodrat kebhinekaan ini merupakan pondasi kebesaran PSHT dan kebesaran bangsa Indonesia. "Agenda besar satu abad ini merupakan momentum sejarah perjalanan bagi organisasi PSHT guna menjaga marwah ajaran adat, tradisi dan aturan, demi tetap tegaknya panji-panji Setia Hati Terate di Bumi Pertiwi," jelasnya.

Sementara itu, Ketua PSHT Cabang Lamongan, Harto, didampingi Ketua Kirab Budaya Nusantara Mas Rosadin, dan Pengurus PSHT Pusat Madiun Mas Hendrik membenarkan bahwa pengambilan tanah dan air di Lamongan ini dilakukan di bumi tempat lahirnya Gajah Mada, Ngimbang. Sebab, hal itu tak lepas dari nilai sejarah yang ada di lokasi setempat.

"Tempat itu karena memiliki nilai sejarah yang tinggi dan bermanfaat bagi kehidupan. Nanti air dan tanah ini dikumpulkan jadi satu untuk pembangunan monumen. Simbol monumennya nanti adalah bumi yang disangga dengan 4 tangan, maksudnya adalah SH Terate harus bisa menjadi pelopor di persaudaraan dan persatuan. Ini filosofinya," paparnya.

Harto juga berharap, ke depan SH Terate bisa lebih dicintai masyarakat, dan SH Terate bisa terus menebar manfaat bagi masyarakat. "Semoga seluruh kegiatan satu abad ini bisa berjalan sukses dan bermanfaat bagi sesama. Karena SH Terate hadir untuk mengabdi pada bangsa dan negara," katanya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU