Petik Laut, Nelayan Lamongan Bagikan 2.023 Ekor Ikan Golok Sabrang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 06 Feb 2023 18:48 WIB

Petik Laut, Nelayan Lamongan Bagikan 2.023 Ekor Ikan Golok Sabrang

i

Bupati saat hadir dalam petik laut festival ikan golok Sabrang. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Kelompok Rukun Nelayan Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, pada Senin (6/2/2023) menggelar petik laut yang dikemas dalam Festival Golok Sabrang, dengan membagikan ikan Golok Sabrang sebanyak 2.023 ekor kepada masyarakat secara gratis.

Festival golok Sabrang untuk kali pertama itu, dihadiri oleh Bupati Yuhronur Efendi, dan orang nomor satu di Lamongan itu berharap, festival ini akan mampu memberikan keberkahan bagi masyarakat di Kelurahan Blimbing Paciran.

Baca Juga: Bupati Lamongan Berangkatkan 3 Bus Balik Gratis

"Alhamdulillah kami bisa hadir untuk melakukan silaturahmi, sekaligus untuk ikut serta memeriahkan kegiatan petik laut dengan tema Festival Golok Sabrang," ujar Bupati. 

Disebutkan olehnya, bahwa Pemerintah Kabupaten Lamongan terus mengupayakan agar semua aktivitas nelayan ini bisa terfasilitasi, baik melalui penyaluran bantuan BPJS Ketenagakerjaan juga koordinasi dengan pihak terkait, mengingat terkait wilayah laut terdapat batas-batas kewenangan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Pemerintah selalu mengupayakan, berikhtiar, supaya nelayan dalam setiap kegiatannya, setiap aktivitasnya dapat kita fasilitasi dengan sebaik-baiknya. Kami terus melakukan pendalaman di tempat ini, dikoordinasikan dengan yang berwenang juga karena keterbatasan kita adalah terkait kewenangan," ungkapnya.

Tidak hanya itu, bupati juga mengajak para nelayan untuk ikut serta dalam BPJS Ketenagakerjaan guna memberikan rasa aman dan nyaman saat melaksanakan pekerjaannya. 

Baca Juga: 110 ASN Diambil Sumpah, Bupati Pesan Agar Pelayanan Publik Harus Berkualitas

Pada tahun 2022 telah serahkan bantuan BPJS Ketenagakerjaan oleh Pemkab Lamongan untuk 8.000 nelayan, begitu juga pada tahun 2023  akan pula diberikan dengan jumlah yang sama. "Ini ikhtiar supaya seluruh nelayan ini kehidupannya semakin sejahtera," jelasnya.

Diungkapkan Ketua Rukun Nelayan Kelurahan Blimbing Nur Wahid, bahwa Ikan Golok Sabrang dipilih sebagai tema Festival Petik Laut adalah kerana jumlah produksi ikan tersebut merupakan yang terbesar di Kelurahan Blimbing. "Karena memang produksi terbesar di sini Ikan Golok Sabrang. Festival ini dimulai tahun ini dan insyaallah akan dilaksanakan setiap setahun sekali," terang Wahid.

Baca Juga: Lembaga Sosial Terus Diberdayakan Untuk Bisa Turunkan Angka Kemiskinan

Ikan Golok Sabrang atau juga disebut sebagai Ikan Mata Besar (Purple-spotted/Big eye), berdasarkan data dari Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan merupakan jenis ikan tangkap yang memiliki jumlah produksi cukup tinggi di Lamongan, yakni mencapai 1.025,69 ton pada tahun 2022 dengan nilai harga rata-rata Rp 17.000 per kilogramnya. 

Menjadi salah satu penyumbang produksi ikan terbesar di Jawa Timur, pada tahun 2022 Pemkab Lamongan berhasil merealisasikan tangkapan perikanan laut dan darat sebesar 83. 256, 16 ton dari target tangkapan sebesar 80.821,81 ton. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU