Polres Blitar dan Ditbinmas Polda Jatim Gelar Pembinaan Takmir Masjid

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 02 Jun 2021 16:36 WIB

Polres Blitar dan Ditbinmas Polda Jatim Gelar Pembinaan Takmir Masjid

i

Pembinaan takmir masjid di gedung Rupatama Polres Blitar pada Rabu (2/6). SP/LES

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Seiring dengan paham Radikalisme di kalangan Generasi Milenial dan di mungkinkan merambah ke masjid masjid, Ditbinmas Polda Jawa Timur menggandeng Polres Blitar menggelar pembinaan takmir masjid di gedung Rupatama Polres Blitar pada Rabu (2/6).

Dalam gelar pembinaan takmir masjid Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela S.H S.IK MH memaparkan tentang ciri ciri dan jenis radikalisme merupakan suatu sikap yang mengedepankan perubahan secara total dan revolusioner dengan menjungkirbalikkan nilai nilai kesatuan dan persatuan secara drastis lewat kekerasan.

Baca Juga: Kandang Ayam Ludes Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah

"Jadi bisa kita kenali dari sikap dan paham Radikal intoleran, Fanatik, eksklusif dan revolusioner pada salah satu paham ajaran," kata AKBP Leonard mengawali pembinaan takmir masjid.

Dalam pembinaan takmir yang diikuti 40 takmir masjid itu juga dihadiri dua narasumber yakni Ketua Bidang Agama Sosbud FKPT Jawa Timur Muhamad Arifin S.Ag M.Ag sebagai narasumber dan Penyuluh Agama Islam Kemenag Kab Blitar H Muhamad Mashadi M.Ag.

Selain Kapolres Blitar, AKBP Sujiono SH menyampaikan ajakan jaga bersama untuk menanggulangi penyebaran paham radikalisme di tengah tengah masyarakat, utamanya pada Kaum muda Milenial, termasuk sasaran untuk penyebaran paham radikalisme pada masjid- masjid yang berpotensi untuk merekrut paham mereka.

" Jaringan terorisme menggunakan kesempatan dan celah yang ada terutama jika sudah menguasai secara fisik dan situasi Masjid mereka akan sebarkan ideologinya, untuk itu sahabat sahabat kami lara takmir waspadai untuk penyebaran ideologi untuk itu kami berharap jaga takmir, jaga khatib dan para jamaah," papar AKBP Sujiono SH.

Baca Juga: 2 Rumah di Blitar Dibobol Maling saat Ditinggal Mudik, Pelaku Terekam CCTV

Sementara itu Muhamad Arifin S.Ag.M.Ag selaku Ketua Bidang Agama dan Sosbud FKPT menguraikan ada 4 macam radikalisme yaitu Radikalisme Gagasan, Milisi Separatis dan Premanisme,karena itu semua akan menjadi akar timbulnya terorisme.

Menurut Arifin bahwa kelompok Radikalisme memiliki ideologi radikal yang tidak menggunakan kekerasan dan masih.mengakui NKRI, namun ketika sudah mengacu pada pemahaman Radikalisme,Separatisme dan Premanisme maka terjadi tindakan terorisme.

" Penyebab gerakan radikalisme, ada beberapa faktor, faktor sentimen keagamaan, termasuk di dalamnya adalah solidaritas keagamaan untuk kawan yang katanya tertindas, ini merupakan faktor emosi keagamaan tapi ingat bukan dasar agama," terang Muhamad Arifin.

Baca Juga: Berkat Dukungan TN-Polri, Pelayanan di Daop 7 Aman dan Terkendali

Pembinaan takmir masjid yang tetap lakukan prokes itu di awali pukul .08.00 dan berakhir jelang sholat dzuhur, dalam penutupan Kasubdit Binmas Polda Jawa,Timur AKBP Sujiono menerangkan, untuk pencerahan wawasan kebangsaan untuk memotivasi dan mengantisipasi berbagai dinamika di tengah masyarakat untuk deteksi dini masalah radikalisme dan terorisme perlu ditingkatkan

" Proses Radikalisme mulai dari pra radikalisasi, identifikasi diri, indoktrinasi juga Jihadisasi dengan ciri ciri orang terjangkit virus Radikalisme antara lain, memisahkan diri dari masyarakat, intoleran, mudah mengkafirkan orang lain,untuk itu mari bersama sama mewaspadai radikalisme dan intoleransi  juga terorisme di lingkungan kita," pungkas AKBP Sujiono dalam paparanya.Les

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU