Presiden Joko Widodo Resmi Tutup ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 07 Agu 2022 11:10 WIB

Presiden Joko Widodo Resmi Tutup ASEAN Para Games ke-11 Tahun 2022

i

Presiden Indonesia Joko Widodo

SURABAYAPAGI.COM, Solo -  Presiden Indonesia Joko Widodo atau yang biasa disapa Jokowi resmi menutup ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022 di stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah pada Sabtu (6/8/2022) malam.

 “Dengan mengucap puji syukur, Alhamdulillahi Robbil Alamin, ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022 saya nyatakan ditutup malam ini, Sampai jumpa di ASEAN Para Games ke-12 Tahun 2023 di Kamboja," ucap Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Baca Juga: Politisi Jalin Politik Silaturahmi

 Kepala negara menyampaikan terima kasih kepada 1.248 atlet dari negara-negara ASEAN yang telah berpartisipasi dengan memberikan pembelajaran dan pesan kepada masyarakat.

 “Terima kasih telah memberikan pesan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan dengan komitmen dan kerja keras, disabilitas mampu mencetak sejuta prestasi,“ tuturnya.

 Jokowi mengungkapkan jika solidaritas antara bangsa-bangsa ASEAN yang ditunjukkan oleh para atlet akan menjadi kekuatan besar bagi kawasan dan bagi penyandang disabilitas.

Sang Presiden juga mengaku akan terus mendukung inisatif para penyandang disabilitas hingga ajang ASEAN Para Games di tahun mendatang.

 "Kita mendukung terus inisiatif dari penyandang disabilitas. Kita sukseskan ASEAN Para Games tahun depan di Kamboja," ujar Presiden.

Baca Juga: Jokowi vs Mega, Prabowo vs Mega = Kekuasaan

Kepala Negara juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh delegasi dari semua negara, terutama para atlet yg telah menunjukkan sportivitas dan rasa persaudarannya.

"Terima kasih kepada APSF (ASEAN Para Sports Federation), Internasional Sports Federations. NPC National Paralympic Committees, dan Komite Nasional Asean Para Games ke-11," tutur Jokowi.

 Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikanrasa bangga dan apresiasinya kepada Gubernur Jawa Tengah serta masyarakat Solo yang telah menjadi tuan rumah yang baik selama ajang ASEAN Para Games 2022.

Baca Juga: Dinyatakan oleh Ketua Dewan Kehormatan PDIP, Sudah Bukan Kader PDIP Lagi, Jokowi tak Kaget

 "Saya juga berterima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah, Wali Kota Surakarta, masyarakatnya Kota Solo dan Solo Raya yang telah menjadi tuan rumah yang sangat ramah," ungkapnya.

 Dengan ini, ASEAN Para Games 2022 resmi ditutup dan akan kembali diadakan di Kamboja pada tahun 2023. Pada ajang ini, tuan rumah indonesia menjadi juara umum pada ASEAN Para Games 2022 tersebut dengan perolehan 427 medali, yaitu 176 medali emas, 141 medali perak, dan 110 medali perunggu.

 Tahun ini merupakan kali ketiga Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games setelah 2014 di Naypyidaw, Myanmar, dan 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. sl

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU