Puluhan Sekolah di Kota Blitar Laksanakan PTM dengan Prokes Ketat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 22 Mar 2021 12:04 WIB

Puluhan Sekolah di Kota Blitar Laksanakan PTM dengan Prokes Ketat

i

Kegiatan PTM di salah satu SD di Kota Blitar. SP/ Dinkes Kota Blitar

SURABAYAPAGI.com, Blitar – Sebanyak 58 sekolah TK, SD, dan SMP mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM). Selain itu, Pemkot mewajibkan sekolah menerapkan protokol kesehatan ketat dalam penyelenggaraan belajar tatap muka.

Salah satu sekolah yang menggelar PTM tatap muka yaitu SD Islam (SDI) Kota Blitar di Jalan Semeru. Dari sekitar 28 siswa per kelas, akan digelar dua gelombang. Gelombang sekolah tatap muka pertama mulai masuk pukul 07.00 sampai 09.30 WIB. Gelombang kedua mulai pukul 10.00 sampai 12.30 WIB.

Baca Juga: Dua Kafe di Kota Blitar Kedapatan Nekat Jual Puluhan Miras Tanpa Izin di Bulan Ramadhan

"Skema kami siswa hanya belajar selama 2,5 jam. Dan itu tanpa ada kegiatan di luar seperti olah raga dan salat. Kami juga hindari kerumunan ketika orang tua mengantar atau menjemput," kata Kepsek SDI Kota Blitar Arif Murtadho, Senin (22/3/2021).

Selain itu, tiap siswa wajib melewati drop zone saat akan memasuki gerbang sekolah. Di situ tiap siswa akan diperiksa suhu tubuhnya dan tangannya disemprot disinfektan. Siswa kemudian masuk kelas yang terpasang sekat plastik di setiap mejanya. Di atas meja, pihak sekolah telah menyediakan hand sanitizer dan face shield untuk dipakai siswa selama mengikuti proses belajar di kelas.

Baca Juga: Ugal-ugalan di Jalan, 4 Pelajar di Kota Blitar Terlibat Kecelakaan Beruntun Tragis

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Syamsul Hadi mengatakan, pada sekolah tatap muka tahap pertama ini ada 63 lembaga pendidikan. Jumlah itu terdiri lembaga pendidikan TK sebanyak 20 sekolah, SD sebanyak 28 sekolah dan SMP sebanyak 15 sekolah yang tersebar di tiga kecamatan. Yakni Kepanjenkidul, Sananwetan, dan Sukorejo.

Pelaksanaan PTM diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah sementara pihak Satgas Covid-19 dan Dinas Pendidikan Kota Blitar hanya memberikan beberapa SOP dan monitoring. "Pelaksanaan PTM ini maksimal hanya boleh dilakukan selama 4 jam tiap harinya," ujarnya.

Baca Juga: Masuk 10 Proyek Strategis, Revitalisasi Pasar Ikan Hias Kota Blitar Telan Rp 2 Miliar

Kota Blitar sendiri sampai saat ini masuk status zona oranye paparan Corona di Jawa Timur. Ada sebanyak 162 jumlah total sekolah dari TK, SD dan SMP yang berada di dalam Kota Blitar. Jika PTM SD tahap pertama untuk kelas 1 dan 4, maka untuk SMP hanya untuk kelas 7. Sedangkan TK, PTM tahap pertama hanya untuk kelas B. Dsy10

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU