Realisasi PAD Sektor Retribusi Pengujiaan Kendaraan Bermotor di Pasuruan Capai Rp 1,5 M

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 08 Jan 2023 13:33 WIB

Realisasi PAD Sektor Retribusi Pengujiaan Kendaraan Bermotor di Pasuruan Capai Rp 1,5 M

i

Petugas Dinas Perhubungan Pasuruan saat uji kendaraan bermotor.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Realisasi PAD (pendapatan asli daerah) Kabupaten Pasuruan dari retribusi pengujian kendaraan bermotor sepanjang tahun 2022 mencapai lebih dari 100%.

Kepala UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Pasuruan, Nanang Setyo Wahyudhi mengatakan, selama tahun 2022 pihaknya menargetkan penerimaan PAD dari pengujian kendaraan bermotor sebesar Rp 1,3 Miyar. Namun hingga akhir desember, realisasinya justru mencapai Rp 1,5 milyar alias 117,91%.

Baca Juga: PDAM Kab Pasuruan Targetkan Tambahan 3500-5000 Pelanggan Baru

"Alhamdulillah dari target selama setahun, realisasi penerimaan PAD dari sektor pengujian kendaraan bermotor justru melampaui target sampai 117,91%," kata Nanang Jumat (06/01/2023).

Untuk bisa mencapai target, UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Pasuruan memiliki banyak penguji. Jumlahnya mencapai lebih dari 12 orang yang telah teruji kecakapannya.

Kata Nanang, beberapa orang penguji bahkan tercatat sebagai penguji berprestasi yang kini menjadi penyelia alias memiliki kualitas di atas rata-rata.

Baca Juga: Ratusan LC Geruduk DPRD Kabupaten Pasuruan

"Penguji kami sangat handal dan berprestasi. Sehingga semua tahapan pengujian sudah sangat memahami betul," terangnya.

Dijelaskan Nanang, setiap hari rata-rata ada 50 kendaraan milik warga yang diujikan. Jumlah tersebut paling sedikit dari sekian banyak kendaraan yang datang ke UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor.

Baca Juga: Banyubiru Masih Jadi Destinasi Andalan Wisatawan

Tahapan pengujian pun sudah sesuai standart pelayanan. mulai dari pendaftaran, foto kendaraan, pengecekan gas emisi atau pembuangan asap kendaraan, play detector, kelengkapan kendaraan hingga pengecekan break rem sebagai bagian penting dari kendaraan yang harus diperhatikan.

"Semua tahapan kami lakukan sesuai standart pelayanan. Mulai dari pendaftaran sampai selesai," pungkasnya. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU