SH Terate Tuban Wayangan, Peringati 1 Abad dan Syukuran Warga Baru

Ketua SH Terate Cabang Tuban berfoto bersama dalang Bayu Aji sebelum wayangan di acara Peringatan 1 Abad SH Terate.

SURABAYAPAGI.COM,  Tuban - Mensyukuri 1 abad usia Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate), SH Terate Cabang Tuban menggelar pertunjukan wayang kulit di Padepokan SH Terate Cabang Tuban, yang terletak di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Sabtu (3/9/2022).

Wayangan semalam suntuk dengan lakon berjudul Kresna Duta oleh dalang Bayu Aji itu, merupakan penutup dari seluruh rangkaian Perayaan 1 Abad SH Terate yang sudah dihelat sejak masuk bulan Suro/ Muharram lalu. Disisi lain, juga sebagai simbol rasa syukur atas dikukuhkannya ribuan warga SH Terate Cabang Tuban pada tahun 2022 ini.

Ditengah meriahnya acara, jajaran pengurus SH Terate cabang Tuban terlihat dengan hikmat turut serta mengikuti rangkaian kegiatan. Hadir pula Ketua Dewan Harkat dan Martabat SH Terate Pusat, Laksamana TNI Sidik Mustofa, yang kini berdinas sebagai Kepala Biro Hukum Persidangan dan Humas Kemenkopolhukam, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, Wakil Bupati Tuban yang juga seorang warga SH Terate, Riyadi, anggota DPR RI yang juga warga SH Terate, Didik Mukrianto.

Selain para pengurus dan tokoh- tokoh tersebut, hadir juga undangan dari pengurus cabang asal berbagai kota, perwakilan perguruan dan organisasi pencak silat di Tuban, serta masyarakat umum di sekitar padepokan.

Permulaan acara, diawali dengan santunan untuk 100 anak yatim piatu. Santunan dengan jumlah 100 anak ini merupakan simbol SH Terate yang memasuki usia 100 Tahun. Selain itu, juga ada pisang raja dengan jumlah 100 tandan sebagai simbol yang sama.

Kemudian disusul penyerahan buku berjudul "Membumikan Ajaran" yang disusun oleh tim Humas internal kepada pengurus cabang SH Terate Tuban. Yangmana buku tersebut, berisikan tentang jejak sejarah keberadaan SH Terate di Kabupaten Tuban sejak pertama eksis hingga saat ini.

"Ini merupakan bentuk rasa syukur kami karena SH Terate sudah berusia satu abad, selain itu ini juga dalam rangka syukuran bagi warga baru," terang ketua SH Terate Cabang Tuban, Kangmas H. Lamidi, dalam sambutannya.

Kangmas Lamidi menjelaskan, SH Terate mulai didirikan oleh Ki Hadjar Hardjoe Oetomo pada 2 September 1922 di Madiun. Ki Hadjar sendiri dikenal sebagai salah satu pahlawan perintis kemerdekaan Republik Indonesia karena jasa-jasanya semasa masih hidup.

"Untuk itu pesan saya sebagai warga SH Terate kita harus meneruskan perjuangan beliau dengan mengisi kemerdekaan," lanjut Kangmas Lamidi.

Acara yang digelar SH Terate Tuban dan banyaknya warga baru yang disahkan di tahun 2022 ini, rupanya mendapat apresiasi dari Ketua Dewan Harkat dan Martabat SH Terate Pusat. Menurut Laksamana TNI Kangmas Sidik Mustofa, SH Terate terus mengalami perkembangan yang pesat.

Kangmas Sidik pun kemudian turut menyelipkan pesan ditengah apresiasinya, agar SH Terate Tuban senantiasa berkembang dan semua warganya mempunyai manfaat untuk masyarakat secara luas seperti yang telah diajarkan selama ini.

"Tahun ini SH Terate Tuban bisa mengesahkan 1600 warga baru, ini merupakan salah satu prestasi yang luar biasa. Semoga terus bermanfaat untuk masyarakat dan kehidupan," ungkap Kangmas Sidik. her