Tak Hadir Saat Opening Ceremony, Presiden Jokowi Dipastikan Hadiri Closing Ceremony ASEAN Para Games 2022

ASEAN Para Games 2022

SURABAYAPAGI.COM, Solo - Presiden Indonesia Joko Widodo telah dikonfirmasi hadir langsung pada closing ceremony ASEAN Para Games 2022. Upacara penutupan tersebut akan dihelat pada Sabtu (6/8/2022) malam WIB.

 Hal itu dipaparkan langsung oleh Rima selaku Sekjen Indonesia National Paralympic Organization Comittee (INASPOC).

"Pak Presiden (joko Widodo) yang jelas 100 persen datang di closing ceremony," ujar Rima kepada awak media, Rabu (3/7/2022).

 Lebih lanjut, Rima menjelaskan bahwa dalam upacara penutupan ASEAN Para Games 2022 akan ada sedikit pengurangan dari segi jumlah penonton untuk masyarakat umum. Jika sebelumnya masyarakat umum diberi jatah 4.500 tiket, untuk upacara penutupan hanya 2000 tiket saja.

 Nanti penonton dari masyarakat umum dikurangi. Soalnya lapangan tengah yang human configuration sudah tidak ada. Paling 10 ribu, mungkin totalnya jadi yang untuk umum sekitar 2000-an," pungkas Rima.

 Selain itu, sebelumnya kepastian ini telah dikonfirmasi oleh Ketua Pelaksana INASPOC, Gibran Rakabuming Raka.

 "Iya (hadir), untuk closing-nya akan berbeda dari saat opening," kata Gibran di Solo, Senin (1/8/2022).

Gibran juga berbicara mengenai protokol kesehatan di acara penutupan APG 2022.

 "Mengenai mekanismenya yang di ring dua ini nanti seperti apa akan kami rapatkan lagi. Kalau masyarakat umum tetap wajib vaksin dan sudah booster, sama seperti kemarin yang kami rilis untuk opening ceremony," katanya.

 "Kalau masyarakat umum aman, kasusnya masih aman kok," tambahGibran.

 Sebelumnya diketahui Presiden Jokowi tidak bisa hadir di acara pembukaan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022) lalu, lantaran sedang melakukan kunjungan bilateral ke berbagai negara di Asia. Alhasil pembukaan diwakili oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

 Sementara itu, Direktur III Games Support APG 2022 Henry Indrayani Oka mengatakan bahwa acara penutupan akan melibatkan banyak seniman.

 "Baik artis-artis maupun seniman Solo, semua akan kami libatkan," imbuh Henry. sl