Tak Siap Punya Anak Lagi, Alami Depresi Postpartum

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 03 Mei 2021 14:46 WIB

Tak Siap Punya Anak Lagi, Alami Depresi Postpartum

i

Mytha Lestari. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Penyanyi Mytha Lestari sempat mengidap depresi postpartum lantaran dirinya belum siap untuk memiliki anak kedua. Mytha Lestari masih terus banyak belajar untuk menjadi seorang ibu yang baik. Oleh karena itu dirinya harus siap mental dulu untuk menambah momongan.

Selain itu, alasannya belum siap memiliki anak lagi dikarenakan ia masih banyak kekurangan menjadi seorang ibu untuk buah hatinya Mahatma Kala Maheswara yang kini berusia tiga tahun.

Baca Juga: Mantan Thariq Halilintar, Chandrika Chika Positif Narkoba, Sudah Konsumsi Selama Setahun Lebih

"Karena aku ngerasa bahwa punya Kala aja aku masih banyak kurangnya. (Punya) Kala ini sebenarnya aku lagi sekolah menjadi seorang ibu. Jadi aku mempelajari kekurangan dan pelajaran apa yang bisa aku dapat dari Kala dan tidak aku ulangi lagi di anak keduaku," ujar Mytha Lestari, Senin (3/5/2021).

Bagi Mytha, jika ingin tambahan momongan harus memiliki kesiapan mental dan prinsip yang mateng. Sebab ketika melahirkan Mahatma Kala Maheswara saat itu Mytha penuh perjuangan. Mulai dari melahirkan secara caesar dan ASI-nya sempat tidak keluar di tiga hari pertama hingga membuat dirinya stress.

Baca Juga: Fokus Jalani Latihan Beladiri, Cinta Laura Ngaku Alami Cedera Telinga dan Kaki

"Tiga hari pertama ASI aku nggak keluar. Itu udah dipompa, dokter laktasi dua orang masuk, semua dicek ternyata normal. Ternyata gue yang stress, nggak keluar (ASI). Ditambah lagi ada tamu-tamu dari keluarga, terus anak saya nangis, dia bilang gini 'Aduh kasihan belum minum susu ya? Ibunya belum keluar ya susunya?'. Makanya gue kena PPD, Postpartum Depression. Itu gue sampai jedotin kepala ke tembok saking stressnya," pungkasnya.

Depresi postpartum atau postpartum depression adalah depresi yang terjadi setelah melahirkan. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan zat kimia di otak dan dialami oleh 10% ibu yang melahirkan.

Baca Juga: Congrat, Bahagia Beby Tsabina Pamer Cincin Dilamar Anggota DPR RI Rizki Natakusumah

Kondisi Postpartum depression sendiri lebih parah dibandingkan dengan baby blues (perubahan emosi). Postpartum depression membuat penderita merasa putus harapan, merasa tidak menjadi ibu yang baik, sampai tidak mau mengurus anak. Dsy20

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU