Tarik Wisatawan, Sandiaga Uno Siapkan Labuan Bajo Berkelas Dunia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 22 Jul 2022 15:53 WIB

Tarik Wisatawan, Sandiaga Uno Siapkan Labuan Bajo Berkelas Dunia

i

Labuan Bajo

SURABAYAPAGI.COM, Labuhan Bajo - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno seusai mendampingi Presiden Joko Widodo ke Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) di Kampung Baru, Kawasan Marina Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (22/7/2022) menjelaskan, perkembangan infrastruktur terus dilakukan agar lebih mumpuni dan berkelas dunia menyambut kedatangan wisatawan.

“Saya mendampingi Bapak Presiden meninjau langsung infrastruktur dan fasilitas. Mulai dari perluasan bandara, dimana proyek mampu menampung satu juta wisatawan yang diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo,” ujarnya.

Baca Juga: Sandiaga Ajak Singapura Kolaborasi Bikin Konser-konser Kelas Dunia

Dia berharap penataan infrastruktur menjadi daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

Dia juga meninjau kesiapan infrastruktur Pulau Rinca. Selain itu, rombongan Presiden disuguhi atraksi dari pelaku parekraf Manggarai Barat di water front atau Marina Labuan Bajo.

“Terakhir yang sangat epik dan majestic yakni konser musik seni dan budaya dengan pemandangan water front atau Marina Labuan Bajo yang baru ditata dan disuguhkan bagi wisatawan. Dan yang menarik juga adalah pengolahan sampah terpadu, ” katanya.

 Menparekraf juga semakin optimistis dengan daya tarik yang dibangun oleh pemerintah mulai dari water front hingga penataan kawasan Pulau Rinca, lalu ditunjang dengan daya tarik lain seperti Gua Batu Cermin, desa-desa wisata, keragaman budaya, dan produk ekonomi kreatif.

“Promosi akan kita lakukan sehingga menempatkan Labuan Bajo sebagai destinasi unggulan. Kami cukup yakin dengan target 1,1 juta wisatawan pertahun yang diberikan oleh Presiden,” ujar Sandiaga Uno

Baca Juga: Dongkrak Event Olahraga Berkualitas, Menparekraf Bakal Contoh ‘Sport Tourism’ Ala Jepang

"Kita harapkan fasilitas berkelas dunia ini akan menjadi daya tarik utama Labuan Bajo, yang bisa digunakan untuk peningkatan kunjungan wisatawan serta membuka ruang usaha dan lapangan kerja untuk kesejahteraan masyarakat di Labuan Bajo," tambahnya

Sebelumnya, Presiden Jokowi menjelaskan Pemerintah sudah menata kawasan sepanjang Marina Labuan Bajo. Tidak hanya penataan kawasan plaza, amphitheater, tapi juga penataan kampung. Penataan kampung ini diarahkan agar hunian-hunian yang ada milik masyarakat itu bisa juga mendapatkan manfaat dari adanya pariwisata yang berkembang di Labuan Bajo.

“Oleh sebab itu, pemerintah bersama-sama dengan pemda, merehabilitasi rumah. Ada yang dari rumah biasa menjadi kios, kemudian ada rumah tinggal dibuat homestay, sehingga pariwisata di Labuan Bajo ini betul-betul memberikan manfaat untuk yang kecil-kecil bukan hanya (hotel) bintang 4 dan bintang 5, tapi yang kecil-kecil juga mendapatkan manfaat, sehingga naik kesejahteraanya,” ujarnya.

Baca Juga: Elite PPP, Cenderung Terpecah

Presiden Jokowi sempat meninjau langsung 10 rumah di Kampung Baru yang dijadikan homestay hingga kios untuk berdagang serta sarana dan fasilitas publik lainnya.

“Saya lihat juga fasilitas-fasilitas untuk toilet semuanya sudah disiapkan, namun yang paling penting memang satu, yaitu pemeliharaan. Kedua, sampah juga kebersihan ini yang sangat penting,” katanya.

Tugas lain dari Kemenparekraf ialah melatih dan mendampingi pelaku usaha agar menghasilkan produk ekonomi kreatif yang memiliki daya saing dan membuka geliat ekonomi serta terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat terutama di Labuan Bajo Flores. lb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU