Tekan Covid-19, Pemkot Malang Tingkatkan Prokes Jadi 6M

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 03 Feb 2021 10:55 WIB

Tekan Covid-19, Pemkot Malang Tingkatkan Prokes Jadi 6M

i

Wali Kota Malang Sutiaji. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Malang - Pemerintah Kota Malang sedang berupaya menekan angka penyebaran kasus Covid-19 dengan menerapkan 6M yang menyasar lingkungan permukiman warga hingga tingkat RT dan RW untuk memutus rantai penyebaran klaster Covid-19 di Kota Malang.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan bahwa 6M tersebut diantaranya, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, menjaga keteraturan makan dan imun.

Baca Juga: Pasokan Kebutuhan Pokok Stabil Pasca Lebaran

"Sekarang protokol kesehatan itu bukan lagi 5M, tapi 6M. M terakhir menjaga keteraturan makan dan imun," ungkapnya, Rabu (3/2/2021).

Sutiaji kembali menambahkan, peningkatan penerapan 6M tersebut harus dijalankan oleh masyarakat lantaran ditemukannya mutasi penyebaran virus Covid-19. Mutasi virus ini disinyalir dapat menginfeksi dan bereplikasi di saluran pencernaan. Apalagi, jika tenaga dari seseorang tersebut terporsir oleh berbagai aktivitas padat, bukan tidak mungkin rentan tertular. Karena daya tahan tubuh atau imunnya menurun.

Sutiaji mengimbau, masyarakat agar tertib menerapkan pola makan yang sehat agar kondisi imunitas tubuh terjaga.

Baca Juga: 4 Perampok di Malang Tertangkap, 2 Masih Buron

"Maka ayo jaga pola makan, hidupnya tertib, jangan begadang malam. Kalau bisa semua aktivitas pakai media jarak jauh aja, semua pakai online. Karena Covid-19 belum pudar dari kita semua. Jadi jaga diri kita, jaga keluarga kalau itu mampu maka sama halnya kita dengan jaga negara," terangnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengevaluasi pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di beberapa wilayah Indonesia yang dinilai tak efektif menekan angka penyebaran kasus Covid-19.

Dalam hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus menggerakkan operasi dan edukasi masyarakat disiplin menerapkan disiplin Covid-19 di masing-masing wilayah.

Baca Juga: Pj Wali Kota Malang: Layanan Jemput Bola Efektif

"Kita itu terus ya, melalui jalur RT/RW itu. Di kelurahan itu setiap seminggu 3 kali kita melibatkan perangkat daerah setempat. Itu woro-woro (disiplin protokol kesehatan Covid-19). Jadi mohon kesadaran masyarakat," pungkasnya. Dsy9

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU