Terima Anugerah "Kelurahan Berseri Se-Jawa Timur", Kini Kelurahan Kepanjin Bersiap Ikut Lomba Proklim Nasional

Lurah Kepanjin Kecamatan Kota Kab. Sumenep, Hj. Ernawati saat terima penghargaan Kelurahan berseri di Jatim expo Surabaya. SP/istimewa

SURABAYA PAGI, Sumenep - Kelurahan Kepanjin, Kabupaten Sumenep, terpilih sebagai Juara I Lomba Kelurahan berseri tingkat Mandiri se-Jawa Timur.  Peraih penghargaan  diterima langsung oleh Lurah Kepanjin Hj. Ernawati di Jatim Expo Surabaya, kemarin

Saat dijumpai reporter Surabaya Pagi, Hj. Ernawati, mengaku sangat senang, dan benar-benar surprise, dan diluar dugaan. Bahkan tidak menyangka jika kelurahan Kepanjin kecamatan Kota Kab. Sumenep, terpilih sebagai Juara I Kelurahan Berseri se-Jawa Timur. 

"Awalnya saya kaget, ketika kelurahan Kepanjin terpilih sebagai Kelurahan Berseri Tingkat Jawa Timur untuk Kategori mandiri tahun 2022. Meski sebelumnya Kelurahan Kepanjin kerap kali menerima penghargaan," katanya di ruang kerjanya

Menurutnya, piagam penghargaan yang diberikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, merupakan anugerah terindah dari proses kerjanya sebagai Lurah Kepanjin Kecamatan Kota Kab. Sumenep.

"Ini benar-benar anugerah bagi saya, karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya, tiba-tiba saya diundang untuk mengikuti acara workshop di Surabaya, dan kemudian saya dinobatkan sebagai Juara I Kelurahan berseri se-Jawa Timur," ungkapnya.

Dikatakan lurah, kurang lebih 200 peserta yang mengikuti workshop di Jatim meliputi kelurahan dan desa.’’Jadi saya tidak tahu, jika saya terpilih sebagai penerima Penghargaan Kelurahan berseri kategori Mandiri,’’ kilahnya .

Selain itu, kata dia, penghargaan itu diraih  berkat kerjasama dan dukungan seluruh warga kepanjin, terutama satuan organisasi di kelurahan Kepanjin salah satunya juga RT/RW di masing-masing wilayah.  

 “Ini semua berkat dukungan dan kerjasama yang baik, serta jalinan kebersamaan antar warga kepanjin. Sebab, tanpa adanya kerjasama, dirasa tak mungkin bisa meraih penghargaan ini," katanya.

Selain itu, Kelurahan Kepanjin itu seringkali menerima penghargaan baik di tingkat Madya, Pratama dan Bupati Award. "Hal yang tak bisa saya lupakan adalah kerja nyata satuan organisasi di Kelurahan Kepanjin, yang tentu sangat membantu kerja kami sebagai lurah," tegasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya, Kelurahan Kepanjin juga mendapatkan penghargaan kampung berseri tingkat Madya dari Provinsi Jawa Timur.

Dikatakan lurah Kepanjin, kedepan pihaknya mempersiapkan untuk mengikuti Lomba Proklim tingkat Nasional. "Semoga kedepannya menjadi lebih baik, warga Kelurahan Kepanjin tetap solid dan ramah, dalam menjaga lingkungan agar tetap asri," pungkasnya. ar