Terkait Buruknya Pelayanan, Inilah Komentar Karyawan Sukwan Puskesmas Lenteng

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 05 Jul 2021 16:08 WIB

Terkait Buruknya Pelayanan, Inilah Komentar Karyawan Sukwan Puskesmas Lenteng

i

Amiruddin Anggota LMR RI Komda Sumenep SP/Ainur Rahman

SURABAYA PAGI, Sumenep - Buruknya pelayanan di Puskesmas Lenteng semakin terkuak setelah santer diberitakan di media massa. Hal ini dipicu karena menghindarnya Kepala Puskesmas dari kejaran media, berikut penuturan karyawan sukwan berinisial ‘D’

Kepada Surabaya Pagi, ‘D’ menyampaikan keluh kesahnya, bahwa dirinya mengaku sangat kecewa dengan sistem manajemen di Puskesmas, meski dirinya mengaku hanya sebagai karyawan sukwan yang bekerja selama kurang lebih tujuh tahun  terhitung dari 2014-2020.

Baca Juga: Pelapor Tanah Kas Desa di Sumenep, Janji Ungkap Kasus Lebih Besar dengan Pelaku Sama

Dan selama itu sambungnya, “Saya bekerja dibawah tekanan namun karena saya statusnya hanyalah karyawan sukwan yang tidak memiliki kebijakan, padahal sangat bertentangan dengan peraturan yang ada.” katanya kepada SurabayaPagi, Senin (5/7).

Menurutnya, dia sangat tertekan dengan kebijakan kepala puskesmas, hanya saja dirinya mengaku tidak memiliki kekuatan, namun karena pengabdiannya selama tahun 2014 - 2020 terbilang cukup panjang.

"Saya memiliki banyak pengalaman dari masa ke masa, dari kepala Puskesmas tahun 2014 - 2020 tentu meskipun ada aturan SOP dan Permenkes namun sistem kebijakan itu ada di Kepala Kapus, kita tidak bisa berbuat apa-apa" jelasnya

Bahkan kata dia, di Puskesmas Lenteng itu ada simpan pinjam uang untuk karyawan,  semua karyawan boleh pinjam, termasuk bidan desa. “Namun kegiatan itu diduga banyak pungli, namun saya kurang paham, makanya saya tidak berani berkomentar, namun ada yang lebih fatal lagi, tapi saya gak berani menyampaikannya ke media" ungkapnya.

Baca Juga: Pemkab Sumenep Gelar Festival Led Lebaran Hari Ketupat 2024 di Pantai Lombang Sumenep

Sementara, LMR RI  Komda Sumenep, Amiruddin mengajak karyawan sukwan untuk berdiskusi bersama teman-teman anggotanya dengan tujuan untuk membongkar keburukan sistem manajemen Puskesmas Lenteng

"Saya masyarakat lenteng, saya menginginkan yang terbaik di desa saya, terutama pelayanan Puskesmas yang sudah menjadi fasilitas umum bagi warga lenteng yang sakit "ujarnya. 

Selanjutnya kata dia, sudah menjadi kebijakan Bupati sumenep untuk melakukan tindakan. “Apakah pro rakyat atau tidak, sebab saya hanya menginginkan pelayanan puskesmas itu baik, utamanya di puskesmas lenteng,” pungkasnya.

Baca Juga: Pertengahan Ramadhan, Harga Sembako di Pasar Tradisional Mulai Berangsur Landai

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep Agus Mulyono, belum bisa ditemui di ruang kerjanya, kata salah satu stafnya ada kegiatan di Pemkab, 

" Bapak ada kegiatan di Pemkab, baru saja berangkat,” ungkapnya.

Informasi yang dihimpun oleh Surabaya Pagi mengenai keberadaan kepala Puskesmas (Kapus) Lenteng Edy kurnianto saat ini menjalani perawatan di RSUD. Moh. Anwar karena covid. (Ar)

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU