Wali Kota Pastikan Pasar Turi Baru Dibuka 22 Maret

Ketua DPD RI saat meninjau para pedagang yang berjualan di Pasar Turi. Rencananya, tanggal 22 Maret 2022 mendatang, Pasar Turi akan dibuka dan beroperasi kembali.

95% dari 4.800 Pemilik Stan Minta Pemkot Bersama Investor Secepatnya Bongkar TPS

 

 

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya- Dipastikan Pasar Turi Baru (PTB) di-launching pada 22 Maret. Tim Pemkot, ITS, pedagang dari dua kelompok yaitu pedagang mayoritas dan pedagang yang masih jadi penghuni TPS ( Tempat Penampungan Sementara) di pinggiran area Pasar Turi Baru, dan walikota Surabaya Eri Cahyadi, sepakat pengoperasional Pasar Turi, tanggal 22 Maret.

 

 

 

Aspek Fisik dan Legalitas

Sampai awal Maret ini sudah selesai dilakukan pendataan pedagang yang masih menempati tempat penampungan sementara (TPS) Pasar Turi. Tercatat total stan tersedia berjumlah 6.800, dan yang sudah terisi 4.800 stan.

“Insya Allah tanggal 22 Maret itu akan dikeluarkan, kita akan terus berdiskusi,” ujar Walikota Eri Cahyadi, kala ditemui di Balai Kota Surabaya, Selasa (1/3/2022).

Tak hanya persiapan secara fisik, aspek legalitas juga menjadi perhatiannya. Bahkan Eri mengungkapkan pihaknya telah menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain itu untuk mengantisipasi kasus hukum, Mantan Kepala Bappeko Kota Surabaya ini juga merangkul lembaga penegak hukum lainnya, yakni Kejaksaan Negeri Surabaya.

Eri juga menegaskan PT Gala Bumi Perkasa selaku investor bisa menurunkan ego demi kepentingan pedagang.

 

 

 

La Nyalla Tinjau Pasar Turi

Rabu kemarin Ketua DPD- RI, Ir. La Nyalla bersama rombongan meninjau lokasi stan sekaligus wawancara dengan beberapa pedagang yang sudah berjualan di PTB." Pedagang kebanyakan meminta walikota Eri benar-benar membuka operasional PTB tgl 22 Maret. dan mulai Jumat 4 Maret besok, Satpol PP saatnya mulai bongkar TPS yang bikin kumuh  Pasar turi," pinta Ir. La Nyalla, usai sidang di PTB dari lantai bawah hingga lantai atas.

Sebagai senator dari Jatim, La Nyalla sangat concern mengikuti proses pembenahan PTB, setelah 10 tahun mangkrak." Ini akan ada momen lebaran. kita dorong pedagang yang mayoritas UMKM Mikro, bisa mengais lebaran berjualan di stan yang nyaman, ketimbang di lapak pinggir jalan berdinding triplek bolong-bolong," ingat Ketua DPD - RI, usai keliling di gedung PTB.

"Saya meminta tanggal 22 Maret 2022 harus segera diresmikan, tak boleh mundur lagi. Pembongkaran tempat penampungan sementara harus dilakukan tanggal 4 Maret 2022 agar pedagang dapat segera menempati stan mereka di Pasar Turi," kata LaNyalla dengan tegas.

Baik Arwi, Koping maupun Ketua Majelis Pedagang Pasar Turi Abdul Rosyid mendukung pemindahan pedagang dari TPS ke PTB. Rosyid, mengingatkan nasib pedagang yang belum lunas membayar pembelian stan. " Ada pedagang yang meminta harga sewa yang terjangkau agar tidak terlalu memberatkan. Sampai sekarang ada pedagang yang belum tahu harga sewa stan berapa. Kami minta harganya terjangkau agar harga barang bisa murah,’’ ujar Rosyid.

Koping menegaskan mayoritas pedagang Antusias PTB di Buka. kami mohon pemkot dan Investor segera membongkar TPS sekaligus perubahan Isi  Adendum Boss," jelas Koping. Temannya menaksir yang kebelet PTB dibuka lebih 95 persen," tambahnya.

 

 

 

Renovasi Sarana Pendukung

 Sejak Januari 2022 lalu, tim dari Pemkot, investor dan ITS melakuka  Perbaikan dan renovasi sarana-prasarana pendukung.

Selain mendata Pelunasan tunggakan PBB,  progres perkembangan perbaikan sarana kepada wali kota, laporan timeline dan penyelesaian permasalahan pedagang di TPS.

Soal pemindahan pedagang dari tempat penampungan sementara ke dalam areal Pasar Turi, menurut Teddy terus dikoordinasikan dengan Dinas Koperasi dan UMKM Pemkot Surabaya serta instansi terkait lainnya.

"Harapannya tempat penampungan sementara segera dibongkar," kata dia.

Dikatakan oleh Teddy, dari pendataannya bersama Dinas Koperasi dan UMKM, sejauh ini pedagang yang dipindahkan dari tempat penampungan sementara ke dalam areal Pasar Turi sebanyak 156 pedagang.

"Dari total itu, sebagian sudah memiliki stan, sedangkan sebagian lagi belum. Ada juga pedagang luar bukan pedagang lama. Kami tetap mengupayakan agar semuanya tertampung," paparnya.

 

Dua Skema

Saat ini Teddy ajukan dua skema  pemindahan dari TPS ke gedung PTB. Skema ini telah dirumuskan dan disepakati bersama. Pertama, tetap melalui pembelian berdasarkan perjanjian dengan Pemkot Surabaya.

"Skema kedua adalah diakomodasi dengan sewa murah. Harapan kita, semuanya bisa tertampung di Pasar Turi ini," tutur Teddy. Ia mengharapkan

PT Gala Bumi Perkasa selaku pengelola Pasar Turi Baru menyiapkan sekitar 200 stan untuk para pedagang. Mereka selama ini berjualan di Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Turi, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Teddy Supriyadi 156 pedagang TPS akan menempati lantai 4 Pasar Turi Baru.

Menurut Teddy Supriyadi 156 pedagang TPS akan menempati lantai 4 Pasar Turi Baru. ”Kami siapkan sekitar 200 stan untuk pedagang TPS sambil menunggu validasi berapa persisnya. Kami juga lihat zoningnya, kalau sekiranya tertampung di lantai lain, coba kami akan lihat kemungkinan seperti apa,” kata Teddy seperti dilansir dari Antara di Surabaya, Minggu (6/2).

Teddy kembali menjelaskan, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan bank BUMN.

”Para pedagang itu kan sudah ada yang bayar 20 persen, sehingga masih ada kewajiban 80 persen untuk pelunasan. Kami kerja sama dengan bank dengan harapan bisa diberikan kredit kepemilikan stan. Dengan stan itu bisa dijadikan agunan,” tutur Teddy. rmc, dna, min