Wamenkes RI Monitoring Uji Coba Integrasi Layanan Primer di Provinsi Jawa Timur

Wali Kota Eri mendampingi kunjungan Wamenkes RI dr. Dante Saksono Harbuwono di Kota Surabaya, Senin (1/8/2022). SP/HPS

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI, dr. Dante Saksono Harbuwono meninjau Posyandu Prima di Puskesmas Pembantu Jambangan, Kecamatan Jambangan, Senin 1 Agustus 2022, dalam rangka kegiatan Monitoring Uji Coba Integrasi Layanan Primer di Provinsi Jawa Timur, khususnya di Kota Surabaya.

Usai melakukan monitoring di Posyandu Kecamatan Jambangan, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan peninjauan di Puskesmas Kebonsari Kota Surabaya.

Wamenkes RI dr. Dante Saksono Harbuwono mengatakan bahwa kunjungannya kali ini adalah untuk memastikan program-program layanan primer, yakni implikasi program tersebut bisa diterapkan di tingkat daerah. Salah satunya adalah dengan Posyandu Prima.

Menurutnya, Posyandu Prima di Surabaya telah memberikan kemudahan bagi masyarakat ketika membutuhkan pelayanan kesehatan, tidak hanya terbatas pemeriksaan untuk anak-anak saja, tapi sampai dengan lansia itu sudah ada di posyandu.

"Posyandu Prima ini adalah perwujudan dari koordinasi Posyandu-Posyandu yang ada. Yang jumlahnya 300 ribu di seluruh Indonesia, menjadi satu kelompok Posyandu-Posyandu yang memiliki interaksi dengan masyarakat secara lebih dekat," kata Wamenkes RI dr. Dante.

Ia menjelaskan bahwa sebelumnya, tingkat pelayanan kesehatan yang paling primer adalah Puskesmas. Namun, saat ini Kemenkes RI menginginkan Posyandu menjadi salah satu layanan kesehatan primer di setiap daerah.

"Dengan koordinator Posyandu-Posyandu ini adalah Posyandu Prima. Ini yang saya tinjau, untuk dipastikan bisa berjalan di tingkat masyarakat," ia menjelaskan.

Karenanya, Kota Surabaya menjadi salah satu lokasi Uji Coba Integrasi Layanan Primer. Wamenkes RI dr. Dante mengaku akan melakukan desain ulang terhadap penerapan program tersebut sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing. Sebab, menurutnya setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Pada peninjauan pelayanan kesehatan terintegrasi itu, Wamenkes RI dr. Dante Saksono juga menggelar dialog 'Integrasi Layanan Primer' dengan para jajaran pejabat dan petugas kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur dan Kota Surabaya, Puskesmas, Camat, serta Lurah yang digelar di Puskesmas Kebonsari.res