SMPN 1 Jabon Gelar Penanaman Berkarakter Religius Bersama Habib Hadi Asegaf

author Handoko Koresponden Sidoarjo

- Pewarta

Senin, 12 Feb 2024 19:00 WIB

SMPN 1 Jabon Gelar Penanaman Berkarakter Religius Bersama Habib Hadi Asegaf

i

Gemuruh gema sholawat  ratusan siswa SMP Negeri 1 Jabon membahana bersama Habib Hadi Asegaf saat  gelar peringatan Isro Mi'raj, Senin (12/02/2024). SP/ HIKMAH

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Luar biasa gemuruh gema sholawat  ratusan siswa SMP Negeri 1 Jabon membahana bersama Habib Hadi Asegaf saat  gelar peringatan Isro Mi'raj, Senin (12/02/2024).

Kegiatan yang bertajuk "Gebyar penanaman karakter religius SMPN 1 Jabon bersholawat" juga menghadirkan ustad M.Fajar Sidik M.Pd sebagai penceramah  yang dihadiri segenap keluarga besar SMPN 1 Jabon, untuk mengkaji hikmah di balik peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Hal itu sebagai upaya menjadikan sholat sebagai kewajiban sekaligus kebutuhan untuk menerangi kehidupan dunia dan akhirat.

Baca Juga: DLHK Sidoarjo Ambil Alih Pengelolaan Sampah Terminal Purabaya

Kepala Sekolah, Kepala SMPN 1 Jabon H.Matnuri S.Pd.MM menekankan pentingnya kita mengambil hikmah dalam peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

“Mari kita ambil pelajaran dari peristiwa Isra Miraj. Semoga kita semua semakin menambah energi untuk menjadi pribadi yang taat menjalankan perintah Allah SWT, taat menjalankan salat, juga selalu mengingat tuntunan teladan Nabi dengan selalu bersholawat," ungkapnya.

Lebih lanjut disebabkan oleh Kasek yang ramah namun berwibawa ini, membentuk karakter siswa  religius sangat penting, dalam kurikulum merdeka belajar salah satu pencapaian project penguatan profil pelajar Pancasila dijadikan sebagai sarana belajar yang mendorong peserta didik berperilaku kompeten, berkarakter religius dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

Baca Juga: Galakkan P5 SMPN 3 Candi Bentuk Siswa Berprestasi

Adapun profil pelajar pancasila yang hendak diwujudkan dalam peringatan Isro Mi'raj Tahun ini yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.

"Sehingga sejak dini para siswa diajarkan untuk  taat beribadah utamanya sholat lima waktu," ungkapnya.

"Seluruh siswa dari kelas 7, 8 dan 9 semuanya di bimbing oleh para wali kelas untuk menjalankan sholat, dari monitoring ada beberapa siswa yang tidak melakukan sholat lalu dikumpulkan di halaman sekolah untuk dibimbing agar taat untuk lebih giat lagi dalam menempuh ibadah penting tersebut", imbuhnya.

Baca Juga: Kanopi Ambruk Timpa 7 Mobil Dinas Pemkab Sidoarjo

Sementara itu, Aura Najmi Firdausi kelas 7 C, salah satu siswa yang menduduki peringkat 2 pada semester pertama mengaku kegiatan peringatan Isra Miraj di sekolah membuatnya semakin paham arti isra miraj dan perintah Allah SWT yaitu shalat 5 waktu dan selalu cinta Nabi Muhammad Saw dengan menghidupkan shalawat nabi.

“Semoga dengan peringatan isra miraj Nabi Muhammad SAW semakin menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. hdk/hik

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU