Disparta: 3 Desa Ikuti Pelatihan Media Promosi Desa Wisata

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 11 Apr 2022 16:03 WIB

Disparta: 3 Desa Ikuti Pelatihan Media Promosi Desa Wisata

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Baru- baru ini dinas pariwisata (disparta) kabupaten Pasuruan mengadakan pelatihan media promosi desa wisata di Rumah Paprika, Dusun Tlogosari, Kecamatan Tutur beberapa waktu lalu.

Tiga kelompok desa yang mengikuti pelatihan yang digelar stapa center bersama sampoerna untuk Indonesia itu adalah desa-desa yang sudah ada kelompok penggerak desa wisata.

Baca Juga: Wagub Emil Sebut Desa Wisata Beri Ruang UMKM untuk Tumbuh

Mereka adalah pokdarwis Argosari, Desa Tlogosari Kecamatan Tutur, Pokdarwis Kahoeripan Desa Wonosunyo Kecamatan Gempol, dan pegiat wisata Desa Sumberrejo Kecamatan Purwosari.

Ketiganya merupakan desa binaan stapa pada program pengembangan desa wisata di tahun 2022.

Kemajuan teknologi dan kemudahan mendapatkan informasi menjadi peluang yang dimanfaatkan pegiat desa wisata.

Karena itu, kemampuan pengelolaan media promosi perlu dimiliki oleh para penggerak desa wisata agar produk yang akan ‘dijual’ dan potensi wisata yang terdapat di desa dapat diketahui oleh masyarakat secara luas.

Beberapa materi dirancang dalam pelatihan ini.

Baca Juga: Bangkitkan UMKM, Disparta Kota Batu Gelar Festival Bisnis Batu 2023

Targetnya, peserta paham dalam penguasaan media sosial sebagai sarana promosi dan kemampuan memproduksi konten promosi audio visual yang baik.

Dengan dua kemampuan tersebut peserta diharapkan akan mampu memanfaatkan era digital informasi yang kini sangat berkembang.

Jauharul Lutfi, perwakilan Stapa Center menyampaikan betapa besarnya pengaruh pengelolaan media promosi dalam pengembangan desa wisata.

Baca Juga: Genjot Ekonomi Lokal, Pemkab Trenggalek Pacu Event di Desa Wisata

“Pengelolaan Media promosi desa wisata akan berpengaruh pada kesan pertama calon pengunjung. Media Promosi adalah salah satu alat bantu bagi calon pengunjung untuk mengetahui daya tarik destinasi dan juga rute dari sebuah desa wisata” katanya..

Evira, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan kali ini

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan peningkatan kapasitas SDM seperti yang dilaksanakan hari ini. Untuk meningkatkan jumlah kunjungan optimalisasi pengelolaan media promosi penting dilakukan," pungkasnya. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU