Kepala BKKBN RI Lakukan Kunjungan Kerja ke Jatim

Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo.SP/PATRIK CAHYO

SURABAYAPAGI, Surabaya - Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso menyambut kedatangan Kepala BKKBN RI Dr. (HC) Hasto Wardoyo beserta ibu di ruang lestari Kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Minggu (22/11/2020). Hadir di forum 30 dari 2.147 ASN Perwakilan BKKBN Jawa Timur, yang terdiri dari pejabat administrator, pengawasan dan fungsional. Selain itu, hadir pula Pengurus inti DWP Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur.

Kunjungan kerja Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo telah dilakukan dibeberapa daerah, untuk mengetahui sejauh mana program Bangga Kencana selama ini diterapkan sudah berjalan sesuai yang diharapkan atau memiliki kendala.

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd menyampaikan bahwa pada tanggal 17 November 2020, kami telah menerima Tim Penilai Nasional KemenPANRB untuk melakukan evaluasi ZI WBK menuju WBBM. Sampai hari ini TPN tidak meminta dokumen tambahan.

“Semangat kami adalah mempertahankan apa yang telah Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur peroleh, yaitu Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi, seraya terus berupaya keras untuk mencapai yang lebih baik, yaitu ZI-WBBM”, ungkap Teguh sebagai bentuk konsistensi walau dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19.

BBKBN_Jatim_(4)

Perkembangan realisasi anggaran Perwakilan BKKBN Jawa Timur s/d 20 November 2020 sebesar 85% dari pagu anggaran 2020. Selain itu, animo masyarakat terhadap pelayanan MOW/MOP cukup tinggi. Sampai hari ini beberapa Kabupaten/Kota sudah mengajukan calon untuk dilayani MOW/MOP sebanyak 600 Pasangan Usia Subur (PUS).

“Kami sedang “metani” sisa-sisa anggaran (yang relevan) untuk dioptimalkan mendukung pelayanan MOW/MOP karena disyaratkan rapid test, foto torak, check darah lengkap dan screening sehingga pembiayaannya cukup tinggi. InsyaAllah Sabtu-Minggu depan akan kami lakukan bhaksos MOP/MOW di Kabupaten/Kota,”ujar beliau.

Dalam pemaparannya Pak Teguh juga melaporkan Performance tentang capaian kinerja Perwakilan BKKBN Jawa Timur sampai dengan bulan Oktober terhadap KKP Th 2020, kami melaporkan sebagai berikut Modern CPR  75,69 % (KKP 65,24 %), PA MKJP 28,40 % (KKP 24,79 %), Unmet Need 9,53 % (KKP 7,54 %), Anggaran 85,54 % (KKP 95 %)

Hari ini menjadi langkah dan semangat baru setelah rehat sesaat akibat pandemic Covid-19 dalam pelayanan KB MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) di Pusyan Gatra (Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera) Perwakilan BKKBN Jawa Timur. Ada pelayanan KB MOP yang dilakukan di Pusyan Gatra pada hari ini. “Kami terus berupaya keras untuk mencapai Kontrak Kinerja Program (KKP) yang sudah kami sepakati bersama,” pungkasnya.pat