Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Sudah di Vaksin Nusantara

Visual karikatur

Presiden Jokowi: Kok Enggak Ngajak-ngajak Kita Ya… 

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Ada peristiwa menarik saat Presiden RI Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (24/8/2021). Disela-sela peninjauan di Kalimantan, Presiden Jokowi berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Gubernur Kaltim Isran Noor, dan Wali Kota Samarinda Andi Harun.

Awalnya, para pejabat tersebut membicarakan soal vaksin Nusantara yang dikembangkan oleh mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Kemudian, Wali Kota Samarinda Andi Harun menyampaikan bahwa dirinya telah menerima dua dosis vaksin dan berencana mendapat vaksin Nusantara.

"Sudah 2 kali (divaksin) plus booster vaksin Nusantara," ucap Andi Harun sebagaimana video yang sempat disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (24/8/2021).

"Oh pantes segar bener Pak Walikota, mendahului kita ini Pak Walikota," Jokowi menanggapi sambil tertawa.

Dia baru mengetahui ternyata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga sudah mendapatkan vaksin Nusantara. Sedangkan, Jokowi baru menerima dua dosis vaksin Sinovac yang disuntikan pada Januari 2021 lalu.

"Panglima juga udah Nusantara?" tanya Jokowi.

"Siap, sudah," jawab Panglima TNI.

"Kok enggak ngajak-ngajak kita ya...," saut Jokowi.

 

Mantan Menkes Sudah Sarankan

Perbincangan soal vaksin nusantara, tak berlangsung lama, karena Jokowi harus memulai konferensi menanyakan progres vaksinasi di sejumlah daerah di Kalimantan Timur.

Sebelumnya, Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari sudah menyarankan agar Presiden Joko Widodo dan jajarannya segera disuntik Vaksin Nusantara.

Saran Siti disampaikan setelah ia mendengar Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) La Nyala Mataliti dan Kepala Kantor Staf Presiden, Jenderal Moeldoko mendapatkan suntikan Vaksin Nusantara.

"Para pemimpin lembaga negara sudah diberi Vaksin Nusantara, sebaiknya Presiden Jokowi juga segera diberikan Vaksin Nusantara. Sebagai kepala. negara dan kepala pemerintahan, pak Jokowi seharus segera menjadi prioritas," kata Siti Fadilah dalam keterangannya, Kamis (5/8/2021).

Jenderal (Purn) Moeldoko, malah lebih atraktif menunjukan telah menjalani vaksin Nusantara. Kepala Staf Presiden Moeldoko menerima suntikan Vaksin Nusantara langsung dari mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Ia mengunggah di Instragamnya saat disuntik oleh Terawan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. “Hari ini, saya menerima suntikan vaksin Nusantara untuk mencegah penularan Covid-19 dari Terawan Agus Putranto di RSPAD Gatot Soebroto,” tulis @dr_moeldoko dalam keterangan unggahannya, Jumat (30/7/2021).

Juga mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono. Hendropriyono mengimbau agar masyarakat mendukung keberadaan vaksin Nusantara untuk mencegah dan menanggulangi dampak buruk dari Covid-19.

 

Angin Segar Penanganan Covid-19

Menurut Hendropriyono dengan kehadiran vaksin Nusantara menjadi angin segar bagi penanganan kasus Covid-19 di Indonesia.

Terlebih menurut Hendropriyono bahwa penggunaan vaksin Nusantara dalam menangani pandemi Covid-19 merupakan kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Oleh sebab itu dirinya meminta agar masyarakat turut mengapresiasi dan mendorong kehadiran vaksin Covid-19 buatan anak bangsa.

 

Ada sejumlah tokoh-tokoh terkemuka seperti mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo , Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical), serta anggota DPR juga pernah mendapat suntikan vaksin Nusantara dari mantan Menkes Terawan Agus Putranto.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti juga menyatakan dukungannya terhadap Vaksin Nusantara yang diinisiasi mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Ia berharap vaksin ini bisa membantu pemerintah dalam memutus penyebaran pandemi Covid-19.

Sebagai bentuk nyata dukungannya, LaNyalla membuktikannya dengan melakukan suntik Vaksin Nusantara di Gedung Cellcure Centre, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (5/5/2021).

 

Guru SD Pedalaman

Sedang kalangan DPR yang disuntik vaksin Nusantara yakni Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Emanuel Melkiades Laka Lena (Golkar), Saleh Partaonan Daulay (PAN), Adian Napitupulu (PDIP), Nihayatul Wafiroh (PKB), dan Arzetty Bilbina (PKB).

Selain pejabat dan tokoh-tokoh terkenal ada guru SD dari daerah pedalaman bernama Yuhana yang disuntik vaksin nusantara. Ia sangat beruntung sehingga tak kuasa menahan tangis bahagia setelah disuntik oleh Terawan di RSPAD Gatot Soebroto. “Ibu saya menangis terharu,” kata Tiara, anak Yuhana yang mendampingi ibunya. n erc/sur/jk/cr2/rmc