Sahat Apresiasi Pengamanan TNI-Polri Saat Natal dan Tahun Baru

Sahat Tua Simanjuntak Wakil Ketua DPRD Jatim

 

 

 

SURABAYA - Pelaksanaan Hari Natal 2020 di Jatim yang berjalan aman dan tertib, menjadi perhatian khusus DPRD Jatim di masa pandemi. Terlebih tidak ada kejadian pelanggaran yang mencolok selama ini di Jawa Timur.

 

Wakil ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak  menyampaikan ucapan bersyukur dan mengapresiasi keberhasilan pengamanan Natal 2020 yang dilakukan oleh jajaran Kepolisian Negara (Polda) Jatim dan juga Kodam V Brawijaya. Kerjasama dan sinergi yang baik dua institusi keamanan dengan masyarakat dan ormas di Jatim ini, dinilai Sahat berhasil menjadikan pelaksanaan Natal tahun ini aman dan kondusif. Diharapkan hal ini bisa bertahan hingga tahun baru 2021 dan seterusnya.

 

"Sebagai pimpinan DPRD Jatim yang mengkoordinir bidang Hukum dan Pemerintahan termasuk masalah keamanan, apa yang sudah dilakukan oleh Kapolda Jatim Bapak Irjen Polisi Nico Afinta dan Pangdam V Brawijaya Bapak Mayjen TNI Suharyanto beserta jajarannya, telah sukses menjadikan Natal tahun ini berjalan aman dan kondusif. Sehingga kami bisa beribadah dengan tenang. Karenanya Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas kinerja beliau berdua beserta jajaran," kata Sahat , Rabu (30/12/2020).

 

Selain Polda Jatim dan Kodam V Brawijaya, Sahat juga mengapresiasi jajaran Komando Armada II yang berpusat di Surabaya yang juga ikut aktif menjaga situasi aman dan kondusifitas di setiap teritorial Lantamal di berbagai wilayah Jatim, "Tidak lupa DPRD Jatim juga menyampaikan terimakasih kepada Panglima Koarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan dan jajaran di bawahnya, termasuk komandan Lantamal  yang ada di Jatim yang ikut berperan aktif menjaga dan menciptakan kamtibmas di Jatim. Dengan ikut dalam Patroli Gabungan Malam Perayaan Natal di berbagai wilayah di  Jatim," ungkap politisi penghobi olah raga Tinju ini.

 

Situasi aman dan kondusif dengan pelaksanan protokol kesehatan yang ketat, menurut Sahat membuat masyarakat merasa senang Natal berjalan sesuai dengan harapan mereka. "Walau tidak semua datang ke Gereja karena batasan jumlah di masa pandemi ini, Selain saya lakukan tinjau lokasi  dibeberapa tempat dan juga informasi dari banyak masyarakat dan kolega. Puji Tuhan semuanya bisa berjalan sesuai yang kita harapkan, lancar, " 

 

Sahat yang juga sekretaris DPD Golkar Jatim  ini juga  memohon pihak Kepolisian dan TNI di Jatim agar tetap waspada dan mempertahankan kondisi  polhukam kondusif ini hingga perayaan Tahun Baru nanti, terutama munculnya masalah kriminalitas, "Meski Pandemi, biasanya banyak anak muda yang merayakan Tahun baru diluar rumah. Dikhawatirkan  tingkat kriminalitas naik, saya mendukung  TNI Polri bersikap tegas dalam menciptakan situasi aman jelang akhir tahun 2020 memasuki tahun baru 2021, Tempat tempat yang dinilai rawan kriminalitas, juga tempat tempat wisata kita harap diberi pengawasan lebih. karena biasanya menjadi tempat beraksinya orang jahat," harapnya.

 

Maka Sahat mengusulkan kepada Jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim  agar  situasi tahun baru ini tidak dijadikan ajang untuk kembali melakukan kejahatan oleh narapidana yang sudah bebas, Sahat mengusulkan agar para narapidana yang baru saja bebas mendapat perhatian lebih, "Saya yakin mereka kan diberi pembinaan selama di lapas. Nah saya usulkan sekembalinya para napi ke kabupaten kota agar disinergikan dengan pengawasan Polres atau Pokresta karena situasi pandemi ini juga berdampak pada kesulitan ekonomi yang menjadi potensi angka kriminalitas menjadi meningkat. Semoga tahun 2021 nanti Jatim tetap kondusif baik situasi politik pasca pilkda , maupun kamtibmas. Tentu ini tidak hanya tanggungjawab TNI Polri tapi kita juga ikut menjaga situasi aman ini, dan tetap disiplin menjalan protokol kesehatan, jaga jarak, cuci tangan dan pakai masker, agar angka covid jatim bisa menurun," tandasnya. rko