Harga Beras masih Tinggi, Warga Berharap Disperindag Turun Tangan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 28 Feb 2024 19:33 WIB

Harga Beras masih Tinggi, Warga Berharap Disperindag Turun Tangan

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Harga beras di pasaran Sidoarjo naik tak terkendali hingga tembus Rp. 15.000 hingga Rp. 16.000 per kilogram untuk kualitas premium. Masyarakat mulai kelabakan sebab cos belanja menjadi beban tersendiri bagi ekonomi menengah kebawah.

Pemerintah setempat menyebut program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dari Pemerintah pusat tidak memberikan dampak terhadap kenaikan harga beras di pasaran.

Baca Juga: Aksi Heroik Sang Petualang Mudik Gunakan Sepeda Motor Antar Pulau

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sidoarjo Listyaningsih saat berita ini dilansir tidak ada ditempat, "Ibu masih ada rapat tidak bisa di konfirmasi' tandas pegawai Disperindag Sidoarjo, Rabu (28/2).

Sunari (34) pedagang kebutuhan pokok mengatakan, kenaikan harga beras di pasaran ditengarai harga gabah yang terus alami kenaikan.

Baca Juga: Stabilkan Harga Sembako Jelang Idul Fitri, Pemkab Sidoarjo Gelar Gerakan Pangan Murah

"Harga beras naik terus naik yang medium dan premium. Yang jelas  Untuk stock masih aman tapi harga tak terkendali," katanya.

Dia menambahkan selain harga beras yang naik. Saat ini komoditas lain seperti telur juga minyak goreng merangkak naik harganya. "Minyak goreng memang tertera harga het Rp 14  ribu namun kita jualnya Rp 16 ribu "ujarnya.

Baca Juga: Pemdes Tanggul Wonoayu, Salurkan BLT-DD Kepada 35 KPM

Sementara itu, kenaikan sembako sangat dikeluhkan warga Sidoarjo, "Sekarang kebutuhan pokok pada naik semua apalagi jelang puasa Ramadhan, ekonomi semakin sulit" keluh Winarso (45).

Pihaknya berharap ada kebijakan khusus dari Pemkab Sidoarjo melalui Disperindag untuk mengatasi harga beras yang terus melambung itu. Apalagi mendekati bulan ramadhan yang diperkirakan sejumlah bahan pokok turut alami kenaikan harga. Hdk/hik

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU