501 Warga Binaan Nyoblos di Lapas Sidoarjo

Warga binaan pemasyarakatan lapas Kelas IIA Sidoarjo saat menggunakan hak pilihnya di TPS Lapas Kelas IIA Sidoarjo. Terhitung ada 501 WBP mendapatkan hak suaranya. Rabu (9/12/2020). SP/ MOCHAMMAD KASYFI FAHMI

SURABAYAPAGI, Sidoarjo - Kanwil Kemenkumham Jatim berikan atensi lebih pada gelaran pilkada yang dilangsungkan serentak hari ini Rabu (9/12/2020). Pasalnya, beberapa lapas/ rutan juga turut menggelar pemungutan suara. Salah satunya di Lapas IIA Sidoarjo, terhitung ada 501 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mendapatkan hak suaranya.

Kegiatan pemungutan suara dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB. Ada dua TPS yang didirikan di Lapangan (TPS 29) dan Ruang Kunjungan (TPS 30). Kalapas Sidoarjo, Teguh Pamuji menyatakan bahwa pihaknya menerapkan protokol kesehatan dalam pemungutan suara kali ini. WBP wajib memakai masker, dicek suhu tubuhnya, dan diberi sarung tangan plastik sekali pakai. 

Dirinya menjelaskan bahwa di Lapas Sidoarjo awalnya memiliki 731 DPT. Namun, saat hari pencoblosan, jumlahnya berkurang menjadi 501 orang dari jumlah penghuni sebanyak 1.228. "Hal ini dikarenakan WBP yang sebelumnya sudah masuk DPT sudah bebas atau mendapatkan PB, CB, asimilasi serta mutasi," ujarnya.

2._BERITA_FOTO_-_501_Warga_Binaan_Nyoblos_di_Lapas_Sidoarjo_(2)

Sedangkan, tidak semua WBP mendapatkan undangan untuk memilih, karena tidak semua punya KTP Sidoarjo. Atau baru saja pindah dari lapas/ rutan lain. 

Sementara itu, sekitar pukul 10.00 WIB PJ Bupati Sidoarjo Hudiyono melakukan sidak bersama Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji. Hudiyono mengapresiasi upaya lapas yang berkomitmen menyelenggarakan pilkada dengan aman dan tertib. "Baru dua jam, tapi sudah hampir separuh DPT yang telah menyalurkan hak suaranya, ini jadi sinyal yang baik," pujinya. mbi